Jumat, 30 Oktober 2020

Mom Jangan Panik, Ini Dia 6 Tips Mengobati Sarawan Pada Bayi yang Ampuh

Bayi masih sangat rentan terhadap paparan dari obat kimia. Maka dari itu setiap orang tua wajib tahu obat mana yang terbaik dan aman untuk digunakan buah hati jika terserang penyakit seperti sariawan. Mengapa harus memilih obat tertentu yang aman? 


Ada beberapa obat yang mengandung alkohol di dalamnya. Hal tersebut sangat berbahaya jika tertelan dan dapat mengganggu kesehatan bayi. Karena tidak semua obat sariawan untuk bayi aman, maka Anda bisa melakukan hal seperti berikut!

6 Tips Untuk Mengobati Sariawan Pada Bayi
1.    Jika Masih Menyusui, Jagalah Kesehatan dan Kebersihan Puting
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah selalu menjaga kebersihan diri khususnya puting. Hal ini sangat penting terutama bagi ibu yang masih memberikan ASI eksklusif atau yang menyusui secara langsung pada bayi. 


Caranya adalah dengan menghindari penggunaan pakaian atau bra yang terlalu ketat dan tidak dapat menyerap keringat dengan baik. Selain itu, penting untuk menjaga puting payudara kering sepanjang saat dan bebas keringat. 


2.    Memperhatikan Konsumsi Makanan Bagi Ibu yang masih Menyusui
Nutrisi yang bisa diperoleh oleh bayi adalah dari ASI. Oleh karena itu, ada baiknya jika ibu yang menyusui memperhatikan konsumsi makanan yang kaya akan zat probiotik seperti yogurt untuk menyeimbangkan gizi tubuh. Atau jika sariawan yang di derita sudah parah, gunakan obat sariawan untuk bayi.


3.    Mengompres dengan Es Batu
Apabila buah hati Anda sudah berusia lebih dari satu tahun, Anda bisa memakai es batu untuk membantu menghilangkan rasa nyeri pada sariawannya. Caranya bisa dilakukan dengan mudah, yaitu bungkus es batu pada kain bersih lalu tempelkan pada bagian sariawan. 


4.    Membuat Larutan dari Campuran dari Garam dan Air.
Anda juga bisa memanfaatkan garam dan air untuk mengatasi sariawan  pada si Kecil. Untuk mengaplikasikannya pun juga sangat mudah. Campurkan setengah sendok air garam dan satu gelas air putih dan rendam beberapa kapas ke dalam campuran tersebut. 


Setelah itu, peras dan tempelkan kapas ke bagian sariawan. Campuran tersebut bisa mengurangi bengkak pada sariawan dan membuat luka cepat mengecil jika dilakukan secara rutin dan benar. Namun, Anda juga bisa menggunakan obat sariawan untuk bayi agar lebih cepat pulih. 


5.    Memberikan Makanan yang Teksturnya Lembut
Bagi bayi yang berusia enam bulan atau sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI, maka Anda bisa memberikannya makanan yang lembut. Makanan dan minuman yang dingin dan lembut akan memudahkan bayi menelannya. 


Oleh karena itu, penting untuk memberikan bayi makanan dan minuman yang bertekstur lembut seperti puree buah dan bubur agar saat di makan, luka sariawan yang diderita bayi tidak terlalu sakit. Hal tersebut akan membuat nafsu makannya tetap terjaga. 


6.    Memberikan Obat Aloclair Plus
Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, bahwa tidak semua obat aman bagi bayi. Ada kekhawatiran jika obat tertelan yang dapat mengganggu kesehatan tubuhnya. Maka dari itu, Anda harus lebih memperhatikan kandungan bahan obat yang akan Anda pilih. 


Salah satu obat sariawan untuk bayi yang aman adalah Aloclair Plus. Obat ini terbuat dari bahan alami seperti aloe vera dan kayu manis yang efektif mengurangi nyeri di area mulut. Untuk penggunaannya pun juga mudah, hanya perlu di oles pada bagian luka. 


Itulah enam tips yang bisa Anda terapkan saat Si Kecil terkena sariawan. Mulai dari memberikan makanan yang lembut bagi bayi, mengompres dengan es batu, hingga memberikan obat seperti Aloclair Plus jika tidak bisa diatasi dengan cara alami. 

    Choose :
  • OR
  • To comment