Sabtu, 06 Juni 2020

Mengenal Asal Usul Sirup Tjampolay, Sirup dari Cirebon yang Legendaris

Belum lengkap rasanya saat sedang berkunjung ke Kota Cirebon tanpa membeli sirup khas yang ada disana. Sirup yang menjadi cirikhas dari salah satu kota di Jawa Barat ini adalah Sirup Tjampolay. Jika baru pertama kali melihatnya, Anda akan melihat tampilan sederhana dan terkesan tradisional pada produk tersebut. Tapi meskipun dengan tampilan sederhana, sirup ini memiliki citarasa yang menggugah selera bagi orang orang yang meminumnya.


Awal Mula Munculnya Sirup Legenda
Sirup jenis ini memiliki banyak cerita sejarah di baliknya. Telah dibuat sejak tahun 1936 yang lalu, sirup khas Kota Cirebon ini tetap dikenal oleh banyak orang hingga saat ini. Tan Tjek Tjiu adalah orang yang membuat sirup ini pada tanggal 11 Juli di tahun tersebut. Namun setelah Tan Tjek Tjiu berpulang di tahun 1964, proses pembuatan sirup legendaris tersebut juga ikut terhenti.

Barulah kemudian setelah kurang lebih 6 tahun tidak dibuat, sang putra dari Tan Tjek Tjiu mulai memproduksi kembali sirup tersebut. Setiawan sang putra mulai membuat sirup Tjampolay di tahun 1970. Namun dengan beberapa alasan yang ada, proses produksi sirup ini kembali terhenti. Barulah kemudian di tahun 1983 produksi sirup ini kembali dilakukan dan bangkit kembali hingga saat ini.

Sepak Terjang Bisnis Sirup yang Diketahui
Sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam dunia bisnis terdapat berbagai rintangan yang harus siap dihadapi oleh orang orang di menggelutinya. Rintangan ini sendiri juga dihadapi dalam bisnis sirup legendaris tersebut. Namun dengan keuletan dan kerja keras orang orang di baliknya, bisnis ini tetap dapat berdiri hingga saat ini. Bahkan diketahui bahwa usaha atau bisnis tersebut telah sampai di generasi yang ketiga dari pihak keluarga Tan Tjek Tjiu.

Tak hanya terkenal di kawasan Jawa Barat saja, sirup yang memiliki beragam rasa ini juga telah banyak dikenal oleh masyarakat dari wilayah yang lainnya. Pada mulanya varian rasa pada sirup Tjampolay hanyalah 3 buah saja, yaitu rasa asam jeruk, nanas, dan juga rozen rose. Namun seiring berjalannya waktu, varian rasa dari sirup tersebut telah sangat beragam saat ini. Misalnya adalah rasa melon, jeruk nipis, kopi moka, nanas, pisang susu, dan mangga gedong.

Daya Tarik dari Sirup Khas Cirebon Ini
Sama seperti jenis sirup pada umumnya, sirup ini dijual dalam kemasan botol kaca. Ukuran dari botol kaca tersebut adalag 630 ml dengan konsep sederhana di dalamnya. Namun meskipun begitu tetap banyak orang yang mencari dan menggemari sirup dari Kota Cirebon ini. Salah satu daya tarik dari sirup ini adalah dari segi rasa yang ditawarkan. Citarasa yang tetap terjaga hingga kini menjadi magnet tersendiri bagi para pelanggan yang datang.

Rasa pada sirup ini sendiri diperoleh dari bahan bahan alami yang digunakan. Diketahui pula bahwa produk unggulan ini dibuat dari gula murni sehingga baik bagi kesehatan. Untuk memperoleh produk berupa sirup Tjampolay ini, Anda dapat datang ke toko oleh oleh yang ada di Kota Cirebon Jawa Barat. Salah satu varian rasa sirup yang paling terkenal adalah sirup rasa pisang susu.

Terdapat banyak cerita dari sirup legendaris khas dari salah satu kota di Jawa Barat ini. Dari cerita yang ada dapat diketahui bahwa bisnis ini merupakan sebuah bisnis keluarga yang telah dilakukan turun temurun. Dengan daya tarik tersendiri yang dimilikinya, sirup bernama Tjampolay tersebut tetap digemari hingga kini. Anda berminat untuk mencoba rasa dari sirup legendaris tersebut?

    Choose :
  • OR
  • To comment