Minggu, 03 Mei 2020

5 Cara Menyajikan Sirup Tjampolay untuk Menu Berbuka Puasa

Minuman sirup ini berasal dari kota Cirebon, dan kerap menjadi oleh-oleh wisata. Penemu sirup bernama Tan Tjek Tjiu, yang memproduksinya sejak tahun 1936. Beliau menceritakan awal ide membuat sirup ini berasal dari mimpi. Sempat tutup saat sang pemiliki meninggal dunia, kemudian bangkit lagi pada tahun 1970. Pembuatan Sirup Tjampolay menggunakan gula asli, tanpa bahan kimia. Mempunyai 9 varian rasa yang khas di lidah masyarakat.


Cara Penyajian Sirup yang Enak dan Sederhana
1. Dessert Puding Karamel
Pertama siapkan 600 ml susu UHT, 4 sdm gula pasir dan 4 butir telur yang sudah dikocok. Buat karamelnya terlebih dahulu, dengan takaran 2 sdm gula aren dan 2 sdm air panas. Rebus susu dan gula sampai tercampur merata, tidak perlu sampai mendidih. Siapkan telur kocok lalu campurkan susu, setelah itu letakkan dalam loyang. Pangganng sekitar 45 menit dengan suhu 160 derajat. Jika sudah dingin tuang diatas campuran sirup, susu uht dan jelly.

2. Es Kelapa Muda dengan Tjampolay
Untuk menyajikan sirup Tjampolay dengan kelapa muda, siapkan selasih dan sirup secukupnya. Bahan yang diperlukan yaitu 1 sachet nutrijel kelapa muda, 65 ml santan instan, 50 gr gula pasir dan ¼ sdt garam. Campur semua bahan lalu aduk hingga matang, tuang di tempat lalu dinginkan. Rebus air sambil masukkan biji selasih, dan biarkan hingga mengembang. Tuang sirup ke dalam gelas serta tambahkan air dan es batu.

3. Es Kopyor Tjampolay
Siapkan 1 buah kelapa murni, selasih, susu kental manis, dan nata de coco rasa Cocopandan. Pertama tuang kelapa muda beserta airnya ke dalam wadah, tambahkan nata de coco dan selasih. Tuang sirup ke dalam wadah secukupnya, kemudian tambah susu kental manis dan es batu. Sebelum disajaikan sebaiknya tes rasa terlebih dahulu, jika kurang manis tinggal tambahkan sirup. Masukkan ke dalam kulkas dan siap disantap saat berbuka.

4. Sop Buah
Campuran sirup tjampolay dengan beragam buah, menjadi sajian terbaik saat buka puasa. Pertama sediakan beberapa buah sesuai dengan keinginan, selasih, susu kental manis, dan agar-agar. Kupas semua buah sesuai selera, lalu rebus biji selasih dengan air panas. Masukkan potongan buah dan agar-agar yang sudah dipotong, letakkan dalam wadah besar. Siram sirup lalu tambahkan air secukupnya, dan masukkan biji buah selasi ke dalam wadah.

5. Bubur Sumsum Pisang
Siapkan 250 gr tepung beras, 4 buah santan instan kecil, dan 3 lembar daun pandan. Bahan pelengkap sirup rasa pisang, 2 buah pisang dan 250 gr kolang-kaling. Pertama tuang 2500 ml air dalam wadah, lalu masukkan 4 bungkus santan instan dan aduk. Bagi adonan ke dalam dua wadah, campurkan tepung beras lalu aduk. Rebus 1500 ml air santan dan tambahkan daun pandan, aduk agar tidak menggumpal.

Tuangkan air tepung beras ke dalam air santan, sampai adonan kental. Selama proses mengaduk usahakan jangan sampai menggumpal. Jika sudah cukup kental tinggal tiriskan dalam wadah. Sajikan bubur sumsum dalam mangkok, bersama sirup Tjampolay dan pisang rebus. Agar hidangan dingin anda bisa menambahkan es batu secukupnya.

Waktu berbuka puasa selalu ditunggu umat Muslim, setelah melaksanakan puasa seharian. Menu hidangan yang segar dan melegakan dahaga, biasanya yang paling ditunggu. Ada banyak resep yang bisa dicontoh, untuk minuman segar. Mulai dari es kopyor, sop buah hingga dessert pudding. Beberapa menu tersebut biasanya yang paling disukai anggota keluarga.

    Choose :
  • OR
  • To comment