Senin, 18 Februari 2019

Cara Memperbanyak ASI dengan Meningkatkan Peran Ayah

Memberikan ASI eksklusif kepada buah hati merupakan harapan semua orang tua. Selama ini mungkin ibu menjadi pihak yang berperan untuk memberikan ASI. Namun, perlu diketahui bahwa cara memperbanyak ASI bisa juga dilakukan oleh ayah. Berikut peran ayah untuk memperbanyak ASI.


Bersikap Mendukung
Kegiatan menyusui bukanlah hal yang mudah dilakukan. Ayah ASI harus mampu memberikan dukungan. Dukungan tersebut bisa dari hal- hal yang bersifat sederhana. Anda bisa membawakan air minum atau bantal ketika istri Anda tengah menyusui buah hati Anda.

Sebagai ayah Anda bisa membantu menggendong buah hati Anda ketika istri sedang bersiap untuk menyusui. Setelah selesai, Anda bisa membantu bayi untuk bersendawa. Ibu yang mendapat dukungan suami diketahui akan mampu melalui proses menyusui dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan yang tidak mendapatkan dukungan.

Maksimalkan Kontak dengan Bayi
Ketika proses menyusui bukan berarti Anda sebagai ayah tidak bisa membangun ikatan batin dengan buah hati Anda. Anda bisa mulai membangun ikatan batin dengan memaksimalkan kontak dengan buah hati. Anda bisa memeluknya, memandikan, atau membawa buah hati untuk berjalan- jalan.
Anda juga bisa ikut menenangkan buah hati ketika menangis. Anda bisa mengayun-ayunkannya secara perlahan. Diketahui, bayi ketika menangis dapat ditenangkan dengan suara berat yang dimiliki sang ayah. Anda bisa bernyanyi atau hanya dengan berkata-kata yang memberikan ketenangan kepada buah hati.

Membantu Memberi ASI Perah
Pemberian ASI perah bisa dilakukan saat bayi menginjak usia 3-4 minggu. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa bayi telah mampu menguasai cara menyusu yang benar. Anda dapat membantu istri dengan memberikan ASI perah tersebut.

Saat bayi berusia minimal 6 bulan, bayi bisa mendapatkan makanan pendamping ASI. Anda bisa membantu memberi makan pendamping ASI. Kegiatan ini juga akan meningkatkan ikatan Anda dan buah hati sekaligus membantu pekerjaan istri Anda. Cara memperbanyak ASI adalah dengan membantu pekerjaannya sehingga ibu tidak stres.

Menemani Istri Memperoleh Informasi Menyusui
Walaupun kegiatan atau proses menyusui dilakukan oleh istri Anda, bukan berarti Anda bisa menyerahkan semua tanngung jawab kepada istri. Anda bisa menemani istri ketika dia mencari informasi menyusui secara daring.

Anda juga menemani istri mencari informasi menyusui melalui bidan atau dokter. Jika Anda merasa perlu, Anda juga bisa tanyakan kemungkinan adanya sesi khusus yang diperuntukkan untuk suami.

Memahami Penurunan Gairah Seksual Masa Menyusui
Saat menyusui, istri Anda akan mengalami penurunan hormon estrogen yang menyebabkan vagina menjadi kering. Hal ini akan memicu rasa sakit ketika berhubungan intim, jadi jangan menganggap pasangan Anda tidak tertarik lagi untuk berhubungan intim.

Demikian tadi peran ayah sebagai cara memperbanyak ASI. Sebagai suami, Anda harus membantu istri agar tidak stress ketika proses menyusui. Sebagai ayah, Anda harus memanfaatkan waktu untuk bisa menjalin ikatan batin dengan anak. Informasi lainnya bisa anda dapatkan di ORAMI. Kunjungi situs resmi di orami.co.id.

    Choose :
  • OR
  • To comment