Minggu, 13 Januari 2019

Ketahui Perbedaan Teknik Offset dan Digital Printing

Print kain terus menjadi perbincangan bagi banyak orang terutam bagi mereka yang paham akan dunia fashion. Soalnya teknik yang satu ini menawarkan banyak sekali keunggulan terutama untuk mereka yang ingin tampil beda. Namun sebelum lebih jauh, ternyata ada teknik offset dan digital printing pada teknik print kain ini. Berikut ada beberapa perbedaannya seperti ini.


Mengenal Teknik Cetak Offset
Sebelum mengetahui perbedaaanya tentunya Anda wajib mengetahui terlebih dulu pengertian dari teknik cetak offset ini. Bisa dibilang, teknik ini yang paling umum digunakan oleh banyak jasa print kain yang ada di luar sana. Sederhananya, teknik ini menggunakan metode offset yang membuat materi dicetak dipindahkan ke sebuah plat lapisan karet ke atas permukaan bahan.

Keunggulan yang dimiliki apabila Anda memilih menggunakan teknik ini adalah dapat mencetak dalam jumlah yang lebih besar. Sesuatu yang pastinya akan lebih memudahkan Anda yang memang memiliki niatan mencetak kain dalam jumlah banyak. Keunggulan berikutnya yang dimiliki adalah Anda bisa mencetak menggunakan warna khusus seperti emas hingga perak.

Tentunya bersama dengan keunggulan, teknik cetak offset juga memiliki kekurangan yang tidak boleh dilewatkan. Kekurangan pertama yang dimiliki oleh teknik ini adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan produksi terbilang lama. Sesuatu yang menuntut kesabaran dan tenggat waktu tersendiri. Selain itu, sampah yang dihasilkan juga menjadi kekurangannya.

Mengenal Teknik Digital Printing
Setelah Anda mengetahui lebih dalam tentang teknik cetak offset maka hal berikutnya yang mesti diketahui adalah teknik digital printing. Bisa dibilang, teknik digital printing ini merupakan teknik yang lebih modern dari teknik sebelumnya. Soalnya teknik ini menggunakan file yang lantas dicetak pada berbagai media yang bisa dipilih sesuai dengan pilihan dari Anda.

Tidak heran apabila banyak jasa print kain yang lebih memilih menggunakan teknik yang satu ini karena mengingat kepraktisannya. Sedangkan untuk keunggulan dari menggunakan teknik cetak ini adalah waktu yang lebih cepat. Jadi Anda sudah tidak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa menikmati hasilnya. Sangat berbeda apabila dibandingkan dengan teknik sebelumnya.

Keunggulan berikutnya yang dimiliki dari teknik ini adalah harganya lebih terjangkau dibandingkan teknik sebelumnya. Hal ini sangat berguna apabila Anda memang memiliki dana yang terhitung terbatas untuk mencetak kain. Jadi proses mencetak kain ini bisa tetap disesuaikan dengan selera tetap dengan dana yang terjangkau.

Meski begitu, bukan berarti teknik ini tidak memiliki kekurangan yang mesti Anda ketahui. Kekurangan pertama yang dimiliki dari teknik ini adalah hanya mampu mencetak ukuran kain A3+ saja. Artinya apabila mencetak ukuran lebih dari itu sudah dapat dipastikan tidak akan bisa. Selain itu, apabila Anda mencetaknya dalam jumlah banyak membutuhkan biaya lebih besar.

Setelah penjelasan yang lebih detail di atas pastinya sekarang ini Anda sudah mengetahui perbedaan dari kedua teknik tersebut. Terutama untuk Anda yang memang tertarik untuk melakukan print kain supaya tidak keliru dalam menentukan pilihan teknik yang paling tepat. Segera saja kunjungi fullprint.id untuk dapatkan jasa cetak kain yang unggul.

    Choose :
  • OR
  • To comment