Jumat, 21 Desember 2018

Tahapan Mempelajari Web Programming

Saya ingin belajar web programing, mulai dari mana ya? Ini pertanyaan yang sering terlontar dari orang yang baru ingin mempelajari web programming https://fastwork.id/web-programming. Pertanyaan ini tepat, karena belajar web programing tentu  harus dimulai dari dasarnya. Sebagai jawabannya, dimulai dari belajar HTML.


Web Programing dengan HTML
Mengetahui seluk-beluk HTML sangat penting dalam dunia web programing, karena HTML adalah inti dari seluruh halaman web. Mustahil seseorang bisa membuat website jika tidak memiliki pengetahuan dasar HTML. Tapi jangan khawatir, belajar HTML tidak terllau sulit, Anda tidak harus memiliki dasar programming atau pengetahuan tentang algoritma apapun. Satu-satunya kemampuan yang harus Anda miliki adalah familiar dalam penggunaan web browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Web Programing dengan CSS
Setelah Anda menguasai HTML, langkah selanjutnya dalam mempelajari web programing adalah belajar CSS atau PHP. Jika Anda berminat dengan web design, sebaiknya Anda mempelajari CSS. Sebaliknya jika Anda ingin membuat aplikasi web seperti pemrosesan form, menyimpan data ke database, dan yang lainnya, sebaiknya Anda mempelajari PHP.

Saya pribadi lebih menyarankan Anda sebagai kelanjutan dari mempelajari web programing untuk lanjut mempelajari CSS. Jika Anda menguasai CSS, Anda memiliki dasar untuk memahami bagaimana cara membuat tampilan website dan mempercantik desain halaman website.

Tidak jauh berbeda dengan HTML, untuk mempelajari CSS sebagai kelanjutan dari mempelajari web programing, Anda tidak membutuhkan pengetahuan apapun terkait programming. Sebenarnya, CSS dan HTML bukanlah sebuah ‘bahasa pemrograman’. Keduanya hanyalah bahasa struktur yang terdiri dari perintah-perintah sederhana, meskipun kenyataannya CSS sedikit lebih rumit daripada HTML.

Web Programming dengan PHP
Setelah Anda menguasai HTML dan CSS, langkah selanjutnya untuk semakin mendalami web programing, Anda bisa lanjut mempelajari PHP. Kalau HTML dan CSS hanyalah bahasa struktur, maka PHP merupakan bahasa pemrograman komputer. Jadi, mempelajari PHP inilah yang sebenarnya disebut dengan mempelajari web programing.

Dalam web programing, kode PHP digunakan ketika ingin membuat  ‘program’ tertentu dari sebuah website, seperti pengaturan alur logika, memproses hasil form HTML, dan lain-lain. Untuk pembuatan website modern, 80% terkait dengan pembuatan kode program PHP, terutama website kaya fitur seperti portal berita dan ujian online.

Anda nanti bisa mempelajari PHP jika sudah memiliki dasar-dasar web programing. Pada saat membuat website berbasis PHP, terkadang Anda perlu untuk menyimpan data seperti registrasi user, laporan penjualan, hasil perhitungan, dan lain sebagainya dalam sebuah media penyimpanan yang diistilahkan dengan sebutan database.

Saat ini sudah banyak aplikasi database yang bisa digunakan. Salah satu aplikasi database yang paling popular untuk web programing adalah MySQL. Anda bisa mempelajari MySQL secara bersamaan ketika mempelajari PHP atau bisa fokus terlebih dahulu ke PHP, baru kemudian lanjut ke MySQL.

Jika Anda rajin mengikuti perkembangan terbaru web programing, tentu Anda tahu kalau saat ini sudah ada aplikasi database baru yang muncul. Aplikasi database tersebut bernama MariaDB. Sebenarnya MariaDB merupakan‘cloningan‘ dari MySQL, sehingga seluruh perintah di MySQL bisa bekerja di MariaDB.

Web Programming dengan JavaScript
Materi selanjutnya yang perlu Anda kuasai dalam web programing adalah JavaScript. JavaScript juga merupakan bahasa pemrograman murni sebagaimana halnya PHP. Kode JavaScript digunakan ketika Anda ingin membuat halaman website yang interaktif, seperti ketika sebuah tombol di-klik lalu menampilkan pesan kesalahan akibat salah dalam mengisi form atau membuat animasi dan game online berbasis web.

Demikianlah uraian mengenai berbagai hal yang perlu Anda pelajari terkait web programing. Jika Anda ingin bergelut lebih dalam lagi dalam dunia web programing, misalnya ingin menjadi web programmer, maka menguasai HTML, CSS, PHP, MySQL, dan JavaScript baru gerbang awal. Masih banyak lagi yang harus Anda kuasai, terutama teknologi yang bisa membuat tampilan website lebih bagus lagi, seperti library, plugin, framework, CMS, dan yang lainnya.

    Choose :
  • OR
  • To comment