Senin, 24 Desember 2018

Cara Mudah Mengukur Pertumbuhan bayi secara Manual

Perkembangan dan Pertumbuhan Bayi perlu dipantai dengan baik agar Anda bisa mengetahui semuanya berjalan secara optimal. Berikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh bayi dengan seimbang. Sejak baru lahir usahakan untuk memberikan ASI eksklusif dan berikan MPASI setelah berusia 6 bulan. Ini cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengukur pertumbuhan secara manual.

Berat Badan
Cara paling mudah untuk mengetahui perkembangan dan pertumbuhan pada bayi dengan memantau dari berat badannya. Ini cara yang paling mudah untuk mengukurnya. Anda bisa membawa bayi secara rutin ke posyandu yang biasanya ada dalam 3 kali sebulan. Bisa juga dengan melakukan penimbangan sendiri ke klinik atau bidan terdekat.

Bisa pula dilakukan di rumah jika memiliki timbangan bayi. Ketika Anda mengetahui berat badannya mengalami peningkatan, tentu saja merasa lega. Nah, ketika berat badan bayi mengalami penurunan tentu Anda bisa segera mengatasinya dengan memberikan nutrisi yang terbaik untuk tubuhnya.

Panjang dan Tinggi
Saat bayi baru lahir panjang dan tingginya akan diberitahukan oleh bidan atau dokter yang melahirkannya dalam surat keterangan lahir. Setelah itu, Anda tetap perlu mengetahui perkembangan dari panjang dan tingginya. Pengukuran ini bisa Anda lakukan setiap bulannya secara rutin atau minimal 3 bulan sekali.

Ini langkah untuk mengetahui bahwa bayi Anda dalam keadaan yang normal tanpa mengalami masalah perkembangan dan pertumbuhan bayi. Anda bisa mengukur panjang dan tinggi bayi secara manual dengan menggunakan meteran atau penggaris. Perhitungan ini secara kasar saja, jika ingin detail bisa dilakukan di bidan atau dokter.

Lingkar kepala
Sleanjutnya cara yang mudah untuk mengetahui perkembangan pada bayi adalah dengan mengukur lingkar kepala. Anda perlu tahu bahwa anak yang berada di bawah usia 2 tahun, lingkar kepala menjadi dasar perhitungannya.

Lingkar kepala yang didapatkan dari bayi menjadi salah satu aspek dasar untuk mengetahui bayi dalam pertumbuhan dan perkembangan normal atau tidak. Jika perkembangan lingkar kepala tidak semestinya, maka ini menjadi kendala karena protein dan energi.

Anda harus sangat berhati-hati dalam memberikan nutrisi pada tubuh bayi, jangan sampai bayi dinyatakan kekurangan gizi. Pada bagian ini, penting diberitahukan kepada Anda para ibu untuk memenuhi kebutuhan bayinya agar tetap sehat.

Lingkar Lengan Atas
Anda tentu tidak pernah menghiraukan bagian lingkar lengan atas yang menjadi perhitungan. Hanya saja Anda perlu tahu bahwa lingkar lengan atas juga menjadi ukuran yang baku untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Pengukuran lewat lingkar lengan atas ini dilakukan setiap bulan agar bisa lebih teliti dan cermat. Manfaat dari pengukuran ini untuk mengetahui kondisi bayi mengalami masalah nutrisi atau tidak. Jika lingkar tangannya semakin mengecil berarti bayi mengalami masalah gizi kronis.

Lingkar tangan merupakan tempat di mana tubuh menyimpan cadangan lemak. Jika sudah mengecil terlalu jauh berarti tubuh tidak dalam keadaan baik. Jika hal ini terjadi pada bayi Anda segera perbaiki pola makannya dan berikan makanan yang bernutrisi tinggi. Jika tidak segera diatasi maka akan berdampak buruk pada pertumbuhan dan perkembangan bayi Anda.

Perkembangan dan pertumbuhan bayi harus dipantau sejak bayi baru lahir. Pastikan Anda dengan cermat mengontrol peningkatannya secara rutin. Jika terjadi penurunan segera lakukan tindakan agar kondisi bayi kembali stabil. Memberikan susu SGM sebagai makanan tambahan merupakan salah satu solusi. Informasi terkait susu SGM bisa dilihat di generasimaju.co.id.

    Choose :
  • OR
  • To comment